Recipe: Yummy 26. 🌶️ Sambal Matah 🌶️ (Versi Tumis)

26. 🌶️ Sambal Matah 🌶️ (Versi Tumis). Hallo semuanya, apa kabar 😊 hari ini saya share resep sambal matah yg enak banget dan sambal ini bikinnya simple dan cepet banget. Sambal Matah Recipe, an Indonesian raw, spicy shallot and chilli salsa or condiment from the island of Bali. So Sambal Matah is just one of a gazillion spicy condiments, salsas and chilli pastes found in South East Asia.

26. 🌶️ Sambal Matah 🌶️ (Versi Tumis) Masyarakat Indonesia memang tidak bisa dipisahkan dengan makanan pendamping yang namanya sambal. Setiap sajian di meja makan, selalu saja ad. Sambal Matah is a famous raw sambal from the Gods island of Bali. You can cook 26. 🌶️ Sambal Matah 🌶️ (Versi Tumis) using 13 ingredients and 13 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of 26. 🌶️ Sambal Matah 🌶️ (Versi Tumis)

  1. Prepare of Bahan Utama.
  2. You need 100 gr of /1 genggam cabe, sekitar 15-20buah (Rp 1000).
  3. You need 1 genggam of bawang merah (sy 1 buah bawang india) 😁 (Rp 1000).
  4. It's 1 siung of bawang putih.
  5. Prepare 3-6 lembar of daun jeruk (200 sama bawang na 😂).
  6. It's 1/2 sachet of terasi udang (Rp 250).
  7. You need 1-2 batang of sereh besar (Rp 200).
  8. It's 1 butir of jeruk nipis (Rp 500).
  9. Prepare of Bumbu.
  10. It's 1/4 sdt of garam halus.
  11. You need 1/2 sdt of gula pasir.
  12. It's Secukupnya of penyedap (optional).
  13. It's 5-10 sdm of Minyak goreng (menyesuaikan).

This sambal matah was appeared first time on Indonesia Eats on Sambal Matah Bali Style Raw Sambal. Kini sambal matah tak hanya hadir dalam piring nasi campur ala bali atau dijual sebagai sambal dalam kemasan. Kreativitas peracik makanan di Indonesia memungkinkan sambal matah bersanding Salah satu merek mi instan yang sangat terkemuka bahkan membuat mi dengan versi sambal matah. Siapa yang doyan banget makan pedas?

26. 🌶️ Sambal Matah 🌶️ (Versi Tumis) step by step

  1. Siapkan alat dan bahan, cuci tangan dan cuci bahan2 yg akan dipakai.
  2. Iris2 tipis semua bahan, kalau suka bawang yang agak tebel jg boleh yak.. intinya sesuai selera 😉.
  3. Utk daun jeruk, buang dl tulangnya yak, baru diiris tipis2 ☺️☺️☺️.
  4. Selanjutnya qt siapkan bahan yang akan ditumis, yaitu irisan sereh, irisan bawang putih (geprek), dan jura terasi yang udah di iris tipis2. Knp terasinya diiris..? Krn qt ga akan nguleg sambel yak, jd jangan sampai ada butiran terasi utuh yang kegigit 😁.
  5. Selanjutnya qt panaskan minyak, lalu kita tumisirisan sereh, terasi dan bawang putihnya.. tumis dengan api sangat kecil yak 😉.
  6. Tumis hingga harum, kaya aroma bumbu rendang 🤤🤤🤤 setelah aromanya harum masukkan bahan lain yg sudah qt siapkan.
  7. Masukkan irisan bawang merah dan cabe, lalu tumis selama 20-30 detik saja, ingat yak.. api kecil,, qt cm pengen bikin dy layu 🤩🤩🤩.
  8. Selanjutnya, sebelum dimatikan api kompornya,masukkan daun jeruk. Daun jeruk sengaja dimasukin terakir, supaya tdk kelamaan tertumis hak, takut kering daunnya kalau ditumis. 🥰🥰🥰 Sambil masukkan garam dan gula yak...
  9. Matikan, kemudian angkat ke wadah/ mangkok 😊😊😊.
  10. Step terakir, kasih perasan jeruk nipis, adum merata.
  11. Sambal matah ala aRdaNie siap dihidangkan.
  12. Sajikan bersama nasi hangat, ikan patin dan paru goreng 🤤🙊😂 menu gagal diet... 😂😂😂 Nih aq suapin.. aaakkk aeeemm.. 😂😂😂.
  13. Murah dan mudah bukan 😉😉😉 selamat mencoba dan happy cooking 😍😍😍.

Siapa yang doyan banget makan pedas? Kamu pasti gak asing lagi dengan sambal matah. Sambal khas Bali ini sampai sekarang masih hits di banyak varian kuliner. " Sambal matah ini merupakan salah satu sambal populer di Indonesia dan tahun ini kita banyak meluncurkan produk cita rasa lokal Namun cukup menarik jika dipasarkan di Bali, yang sudah punya versi sambal matah orisinal. Sambal matah cocok disajikan sebagai pelengkap menu makan Anda. Pada dasarnya sambal matah memiliki bahan dan cita rasa yang mirip.

Comments